Lighting dalam proses pembuatan film

Lighting dalam pembuatan film

Indonesia, gimanacuk — (14-11-2017)

Lighting secara umum

Lighting adalah suatu bagian yang paling penting dalam pembuatan film, baik film pendek maupun film layar lebar.

Secara umum lampu-lampu seperti senter dan semacamnya sangatlah berbeda dengan lampu dalam film. Lampu dalam film memiliki teknologi khusus dimana teknologi tersebut membuat cahaya yang dikeluarkan oleh lampu tidak membuat sensor lensa kamera terganggu (flicker/layar bergaris). Sedangkan lampu biasa tidak memilikinya sehingga sensor lensa kamera akan flicker apabila langsung menangkap cahaya dari lampu biasa.

Lighting dalam film

Secara umum, film-film yang tayang di layar lebar seperti bioskop dan semacamnya, tidak sama seperti yang dilihat oleh para penonton di layar, karena pembuatan film bertujuan untuk membuat penonton merasakan realita di dalam suatu film yang mereka nonton. Apabila penonton sudah terbawa kedalam suatu film tersebut, berarti film tersebut berhasil mencapai tujuan utama film. Tidak semua film bertujuan membawa penonton merasakan realita dalam film, bisa juga film bertujuan untuk memberikan kritik sosial.

(Baca Juga : Sound design dalam proses pembuatan film)

Peran lighting untuk membantu film mencapai tujuan tersebut, adalah dengan cara memberikan kesan sesuai konsep dalam film yang ingin dibuat tersebut. Lighting akan sangat terlihat jelas memberikan kesan berbeda pada film dengan rekaman video biasa. Berikut contoh film yang moodnya terbangun karena dibantu pencahayaan yang benar :

Film Trainspotting (1996)

Dalam film Trainspotting di atas, kita dapat merasakan mood yang ingin disampaikan oleh si filmmaker tersebut, yaitu perasaan bahaya, tidak aman, amarah dan lainnya (psikologi warna). Hal tersebut dapat tersampaikan apabila terknik pencahayaan yang kita gunakan benar, dan sesuai dengan konsep film yang ingin kita buat.

Walaupun terlihat gampang, mengatur pencahayaan tidak mudah dilakukan dan tidak bisa dilakukan sendiri, apabila dilakukan sendiri akan memakan waktu lama. Lebih baik mencari gaffer (teknisi lampu khusus film) untuk membantu sehingga memudahkan dan tidak memakan banyak waktu.

 

Dapat dilihat bahwa dunia film sangatlah berusaha keras agar para penontonnya dapat menikmati sajian film yang bagus dan menarik, dengan melalui proses pembuatannya yang sangat terbilang tidak mudah. Hasil dari kerja keras itulah yang sangat membuat para filmmaker bangga akan karyanya dan akan berusaha lebih baik untuk membuat penonton senang.

Gimana cuk? sampai bertemu di post selanjutnya ya.